Sungguh Unik, Angsa Pun Mengenal Perceraian

in | 0 comments
Para ahli mengatakan mereka sangat terkejut menyaksikan "perceraian" sepasang angsa di kawasan perlindungan satwa Gloucestershire, Inggris. Sepasang angsa jenis Bewick kembali ke kawasan perlindungan satwa liar Wildfowl and Wetlands Centre di Slimbridge untuk musim dingin tetapi masing-maisng dari mereka membawa pasangan baru.

Sarindi bersama pasangan barunya di sebuah danau di Slimbridge

Hanya untuk kedua kalinya dalam 40 tahun perceraian sepasang angsa terekam dengan baik. Para pegawai kawasan perlindungan satwa liar menggambarkannya sebagai sebuah keanehan. Spesies burung biasanya tidak pernah berganti pasangan kecuali salah satu mati.

Selama empat dasawarsa, dari 4.000 pasang angsa yang diteliti di Slimbridge, baru satu kali terjadi satu pasangan bercerai dan menemukan pasangan baru mereka.



Biasanya Setia

Kecurigaan akan peristiwa yang jarang terjadi ini muncul ketika angsa jantan yang diberi nama Sarindi tiba dari siklus migrasi tahunannya dari Rusia tanpa pasangannya Saruni. Sarindi datang dengan angsa betina lain yang kemudian di beri nama Sarind. Para staf khawatir Saruni telah mati.

Namun tak lama setelah kedatangan Sarindi, Saruni datang bersama dengan pasangan barunya yang diberi nama Surune. Dan setelah melalui pengamatan panjang akhirnya bisa dimpulkan bahwa Saruni dan Sarindi telah berpisah dan masing-masing menjalin hubungan baru.


Julia Newth, penelitian kesehatan satwa di Slimbridge, mengatakan apa yang terjadi betul-betul mengejutkan pegawai kawasan perlindungan satwa tersebut. Menurutnya angsa biasanya sangat setia antara satu sama lainnya dan mempunyai keterikatan dengan pasangannya.

''Selama keduanya masih hidup, mereka akan selalu bersama. Biasanya mereka akan mencari pasangan baru kalau salah satu di antara mereka mati, bukan berdasar pada pilihan,'' tambahnya lagi. Kedua pasangan itu sekarang sama-sama menghabiskan musim dingin di sebuah danau di Slimbridge.

Dikatakan kedua pasangan itu tidak saling menyapa dalam bentuk apapun juga walau hidup di satu danau yang bisa dikatakan kecil. Penjelasan mengapa mereka berpisah masih belum bisa disimpulkan.

Namun Newth mengatakan: ''Kegagalan beranak pinak mungkin salah satu alasannya, karena mereka telah dua tahun bersama tanpa terlihat adanya anak. Tetapi alasan pastinya tentu saja susah untuk diketahui.''
Angsa jenis Bewick ini merupakan salah satu angsa terkecil dan salah satu dari tiga jenis angsa yang langka diketemukan di Inggris Raya.


Sumber :
www.republika.co.id

0 comments:

Post a Comment

» Silahkan komentar jika artikel ini bermanfaat. Thx :)